Kamis, 12 Januari 2012

Gammu Error 1053

Wah, sudah berapa lama ya saya tidak update?.. bagaimana kawan kabarnya? apakah masih tetap setia mengunjungi web saya yang sederhana ini?.. so pastinya.. terima kasih banyak atas kesetiaannya.

kali ini saya ingin share mengenai Error 1053 yang sering dihadapi oleh pemula dalam menjalankan start Gammu SMSD. menurut pengalaman saya setidaknya ada 3 hal yang harus diperhatikan untuk menghindari terjadinya error 1053, diantaranya :
1. Gunakan Struktur tabel Gammu sesuai versi-nya. hal ini disebabkan versi setiap gammu berbeda-beda terhadap struktur tabelnya.
2. Pastikan penamaan databasenya benar saat konfigurasi database dalam file smsdrc.
3. Pastikan Port dan Connection nya juga terkoneksi dengan benar dalam file smsdrc.

Jika Anda sudah terlanjur menginstal gammu SMSD, saat Anda melakukan perubahan kode pada file Gammurc ataupun Smsdrc, maka Anda juga harus me-reset kembali Service Gammu SMSD nya. dengan cara Un-Install, kemudian Instal kembali.

Untuk melakukan instalasi, dikerjakan pada halaman command line prompt / cmd :
gammu-smsd.exe -c smsdrc -i

Untuk melakukan Un-Instal, dapat mengetikkan kode :
gammu-smsd.exe -c smsdrc -u

Atau jika Anda ingin mendapatkan info lengkap tentang cara penginstalan, dapat membaca buku terbaru saya yang berjudul Step by Step Membangun Aplikasi SMS dengan PHP dan MySQL.

Semoga artikel singkat ini dapat memberi pencerahan untuk Anda yang mengalami solve problem ini..

Artikel Terkait di Bawah posting

2 comments:

gan..bisa bantu saya...masih macet nih error 1053..

tetep error 1053 klo boleh minta recomendasi utk windows 7 64bit
gammu yg versi berapa dan xampp yg versi brp?

Posting Komentar