Jumat, 06 Januari 2012

Membuat Web Hosting Sendiri Dari Local PC

Banyak pengunjung blog ini yang menanyakan ke saya, apakah bisa aplikasi web yang sudah dibuat dan diinstall di local web server (PC local) dengan XAMPP atau WAMP atau sejenisnya diakses dari luar atau dari internet? Tentu saja bisa, dengan sedikit setting di PC kita maka aplikasi web yang ada di PC anda bisa diakses dari luar atau internet, tidak hanya dari local PC atau LAN.
Nah.. bagaimana cara setting PC kita menjadi web hosting sehingga bisa diakses dari luar melalui internet? Simak artikel berikut ini dengan baik.

Supaya PC kita menjadi web hosting yang bisa diakses dari luar via internet, perangkat yang dibutuhkan adalah modem internet. Dalam artikel ini, cara setting hanya akan dicontohkan pada modem DLINK Wireless ADSL Router seri DSL 2640T, karena kebetulan saya hanya punya modem ini untuk nge-net :-) Untuk modem yang lain silakan diujicoba sendiri.
Saran saya, untuk membuat Web Hosting dari PC sendiri ini, pastikan koneksi internetnya stabil dan dengan paket unlimited. Nah… di sini saya akan menggunakan koneksi internet Speedy yang kebetulan di rumah saya lumayan stabil. Saya menggunakan Speedy dengan paket Socialia (bukan promosi lho ya)
OK.. kita mulai saja cara settingnya. Oya, pastikan di PC Anda sudah terinstall web server, bisa menggunakan XAMPP, AppServ, WAMP atau yang lain.
Nah… langkah pertama, kita setting modem nya dahulu. Kita akan mensetting modem DLINK nya sebagai Bridge. Untuk mensettingnya, silakan masuk ke settingan modem kemudian pilih WAN Setting. Selanjutnya pilih ‘Bridge Mode‘. Kemudian simpan konfigurasinya.
Setting Hosting Localhost
OK. Modem sudah kita buat sebagai Bridge, selanjutnya kita buat koneksi Speedy di PC kita via Broadband Connection PPPoE. Caranya adalah, masuk ke Control PanelNetwork Connection. Lalu pilih Create Connection. Selanjutnya ikuti langkah-langkah sesuai gambar berikut ini
Setting Hosting Localhost
Setting Hosting Localhost
Setting Hosting Localhost
Setting Hosting Localhost
Masukkan username dan password Speedy Anda pada kotak yang disediakan.
Setting Hosting Localhost
Nah… setting koneksi ke Speedy via Broadband Connection PPPoE sudah selesai. Selanjutnya kita lakukan koneksi ke Speedy nya dengan mengklik STARTCONNECT TO, pilih Speedy
Setting Hosting Localhost
Setelah koneksi dengan Speedy berhasil, langkah berikutnya adalah melihat IP Address dari PC kita. Caranya adalah dengan masuk ke Command Prompt Windows, lalu ketikkan perintah: ipconfig
C:\ipconfig
Setelah itu harusnya muncul informasi IP Address PC Anda seperti gambar berikut ini
Setting Hosting Localhost
Dalam contoh gambar di atas, muncul IP Address: 180.246.94.195. Nah… nomor IP itulah yang nanti diakses via internet untuk mengakses PC Anda (IP Public). Tinggal ketikkan saja nomor IP tersebut di browser maka otomatis akan mengakses web server yang ada di PC Anda.
Oya.. kalau Anda menggunakan Speedy Socialia seperti saya, maka IP Address tersebut berbeda-beda setiap kali koneksi ke Speedy dilakukan. Hal ini dikarenakan IP Address tersebut bersifat dinamis (Dynamic IP). Kecuali kalau Anda memiliki IP Statis (Static IP) maka IP tersebut fixed selamanya. Untuk mendapatkan static IP, silakan menghubungi ISP Anda. Setahu saya untuk mendapatkan static IP itu kita harus membayar dalam periode tertentu, misalnya tahunan atau bulanan.
OK… selamat mencoba ya.

Artikel Terkait di Bawah posting

0 comments:

Poskan Komentar